Pengunjung adalah bagian penting dari proses penyembuhan pasien. Karena itu, kami menganjurkan keluarga dan teman pasien melakukan kunjungan ke rumah sakit. Waktu berkunjung dapat berbeda pada setiap Unit. Mohon hubungi perawat untuk waktu berkunjung yang tepat pada Unit perawatan Anda.
Untuk menjaga ketenangan dan kenyamanan pasien dan pasien lainnnya, kunjungan hanya dapat dilakukan saat jam berkunjung, dilakukan secara bergantian, tidak berbicara keras, dan segera meninggalkan ruang perawatan bila jam kunjung usai.
Privasi Anda sangat penting bagi kami. Karena itu hubungi perawat, bila Anda ingin membatasi kunjungan atau bila untuk sementara waktu, Anda belum dapat menerima kunjungan kerabat.
Sebaiknya Anda tidak melakukan kunjungan lebih dulu jika kondisi badan tidak fit, sedang flu, demam, dsb. Anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak diizinkan berkunjung karena daya tahan tubuh yang masih rendah.
2. Waktu Berkunjung
- Umum
Siang: 10.00 – 13.00 WIB
Sore: 16.00 – 19.00 WIB
Hanya diperbolehkan 1 orang pada satu waktu
Anak-anak tidak diperbolehkan berada di unit ini
1. Automatic Teller Machine (ATM)
• RS Muhammadiyah Palembang: ATM tersedia pada lapangan parkir depan IGD. kios ATM yang tersedia: Bank Mandiri, BRI, dan Bank Sumsel Babel dan ATM Muamalat di Bank Muamalat Jangan memberitahu PIN kartu ATM Anda pada orang lain.
2. Kantin /Koperasi Pegawai RSMP
• Kantin makanan. Terletak pada samping gedung Bank Muamalat dan ditengah Kolam Menjual makanan dan minuman , perlengkapan dan kebutuhan umum.
• MUSHOLLA. Ash-Syifa’ Terletak pada tengah kolam retensi
3. Bank Muamalat
4. Pemesanan Kursi Roda :
• KURSI RODA. Kursi roda tersedia di pintu masuk utama rumah sakit.
5. Parkir yang luas untuk kendaraan
NOMOR TELEPON PENTING
RS Muhammadiyah Palembang: (0711) 511446
UNIT | NO PESAWAT/ EKSTENSI |
IGD
Informasi Registrasi Rawat Inap Kasir Pendaftaran Radiologi Laboratorium Farmasi Rehabilitasi Medis/ Fisioterapi Security Ambulance Koperasi Karyawan RSMP Rekam medis Sub Bagian Humas & Marketing |
0711-510-452
0711 511446 ext.087 Ext. 061 Ext. 020 / 062 Ext. 061/062 Ext. 034 Ext. 014 Ext. 016 Ext. 038 Ext. 095 Ext. 082 Ext. 060 Ext. 033 / 035 / 092 Ext. 7155/7160 |
Mencuci tangan adalah cara terbaik mencegah penyebaran kuman. Cuci tangan Anda secara rutin dan ingatkan keluarga ataupun kerabat yang mengunjungi Anda untuk melakukan hal yang sama. Tempat cuci tangan dan waterless hand sanitizer tersedia pada tiap Unit, untuk digunakan staf, pasien, dan pengunjung.
Dapatkan vaksinasi apabila direkomendasikan. Vaksin flu dan pneumonia dapat mencegah penyakit, terutama bagi pasien muda, lanjut usia, dan beresiko tinggi.
2. Keamanan Obat-obatan
Informasikan pada dokter dan perawat mengenai konsumsi obat-obatan Anda, termasuk:
- Obat resep
- Obat tanpa resep (seperti aspirin atau obat batuk)
- Obat-obatan yang diberi keluarga atau kerabat Anda
- Vitamin
- Produk herbal
- Produk toko (makanan-makanan sehat)
Tanyakan perawat mengenai obat-obatan Anda – apa nama obat tersebut, bagaimana bentuknya, apa khasiatnya, jam berapa saja obat tersebut diberikan dan efek samping obat tersebut. Perhatikan setiap obat-obatan sebelum Anda mengkonsumsinya.
Informasikan pada dokter dan perawat bila Anda memiliki alergi terhadap obat, makanan, atau produk tertentu.
3. Berpartisipasi Dalam Perawatan Anda
Diskusikan rencana pengobatan Anda dengan dokter dan perawat, mulai dari tujuan, kapan tindakan akan dilakukan, detail tindakan, alat medis yang digunakan, dsb. Tanyakan hal-hal yang tidak Anda mengerti dan pastikan Anda paham apa yang dapat diharapkan dari rencana pengobatan tersebut.
Bila karena suatu hal, Anda menolak melakukan tindakan medis/ pengobatan/ perawatan intensif, Anda diharapkan menandatangani formulir Surat Penolakan dan bertanggung jawab atas resiko yang terjadi.
Anda akan menerima banyak informasi pada saat yang sama. Karena itu, sebaiknya Anda meminta anggota keluarga atau kerabat mendengarkan informasi tersebut bersama Anda ketika diagnosa, hasil tes, rencana pengobatan dan rencana pemulangan dijelaskan.
Jika memungkinkan, tunjuk satu anggota keluarga untuk berinteraksi dengan tim keperawatan. Orang ini kemudian dapat melanjutkan informasi ke anggota keluarga atau kerabat lainnya.
4. Mencegah Terjadinya Jatuh
Di dalam rumah sakit, orang-orang dapat berada dalam risiko lebih tinggi untuk terjatuh. Penyakit, operasi, atau obat-obatan dapat mempengaruhi kondisi dan ruang gerak Anda. Untuk menjaga pasien dari segala bentuk cidera, termasuk jatuh yang tidak disengaja, kami akan:
- Melihat risiko Anda untuk jatuh dan ketika terjadi perubahan pada kondisi Anda selama masa perawatan
- Menentukan langkah preventif untuk mencegah terjadinya jatuh selama masa perawatan Anda, dan berbagi informasi ini dengan para staf kami
- Menunjukkan bagaimana cara menggunakan bel panggilan pada saat Anda memerlukan bantuan.
- Merespon panggilan untuk membantu Anda tepat waktu.
- Membantu Anda untuk naik dan turun tempat tidur serta menggunakan kamar mandi jika diperlukan.
Kami menghimbau agar Anda atau keluarga dan kerabat untuk:
- Memberitahu perawat bila Anda pernah jatuh sebelumnya.
- Menanyakan perawat mengenai risiko Anda untuk jatuh dan tindakan pencegahan apa yang dilakukan.
- Menggunakan bel panggilan untuk meminta pertolongan sebelum mencoba turun dari tempat tidur.
- Ketika selesai menggunakan kamar mandi, gunakan bel panggilan dan tunggu bantuan staf kami untuk membantu Anda kembali ke tempat tidur.
- Menggunakan alas kaki yang aman dan peralatan yang telah disediakan untuk keselamatan Anda.
- Memastikan bel panggilan dan benda-benda lain yang diperlukan berada dalam jangkauan Anda sebelum keluarga atau staf meninggalkan ruangan.
Safe Practices (Praktik Aman) di Rumah
- Bicaralah dengan dokter dan perawat dan atau ahli farmasi.
- Bertanyalah dan catat jawaban.
- Periksa dengan teliti semua resep/ obat sebelum menggunakannya.
- Gunakan bedside rails untuk tempat tidur bila Anda memerlukannya.
- Pastikan terdapat telepon atau bel di dekat tempat tidur apabila Anda memerlukan bantuan.
- Berhati-hatilah bila Anda memiliki peralatan oksigen di rumah Anda. Jangan merorok di dekat peralatan oksigen, dikarenakan mudah terbakar.
Jika Anda memiliki peralatan medis yang perlu terhubung ke aliran listrik, gunakan aliran listrik yang aman. Jangan gunakan kabel ekstensi.
Beberapa waktu sebelum kepulangan/ lepas rawat dari rumah sakit, Anda akan diminta untuk mengisi Survei Kepuasan Pasien yang meminta komentar dan saran mengenai pengalaman Anda selama menjalani masa perawatan.
Kami menghimbau Anda untuk memberikan umpan balik akan kinerja kami dengan meluangkan beberapa menit untuk mengisi Survei Kepuasan Pasien dan mengembalikannya ke kotak saran.
Formulir Survei Kepuasan Pasien juga bisa didapatkan pada kotak saran yang tersebar di area rumah sakit atau Anda dapat memintanya kepada perawat atau staf kami.
Penilaian dan komentar Anda membantu kami untuk meningkatkan kinerja sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda.
Hak dan Kewajiban Pasien dan Keluarga Pasien
HAK PASIEN
- Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di rumah sakit.
- Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.
- Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi.
- Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional.
- Memperoleh layanan efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi.
- Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang ditetapkan.
- Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di rumah sakit.
- Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai Surat Izin Praktik (SIP) baik di dalam maupun di luar rumah sakit.
- Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya.
- Mendapat informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, risiko, dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan.
- Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.
- Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis.
- Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya.
- Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di rumah sakit.
- Mengajukan usul, saran, perbaikan atas perlakuan rumah sakit terhadap dirinya.
- Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.
- Mengeluhkan pelayanan rumah sakit yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
KEWAJIBAN PASIEN
- Memberikan informasi yang lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya.
- Mematuhi nasihat dan petunjuk dokter atau dokter gigi.
- Mematuhi ketentuan yang berlaku di sarana pelayanan kesehatan.
- Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima.
Anda dapat melakukan reservasi kamar melalui telepon atau secara langsung datang ke Admission kami, bila Anda mendapat anjuran rawat dari dokter.
Reservasi melalui telepon dapat dilakukan melalui:
- RS Muhammadiyah Palembang: ext. 061 untuk pukul 07.00 – 12.00 WIB.
Reservasi kamar merupakan prioritas di dalam pemenuhan permintaan kamar namun bukan sebagai jaminan ketersediaan kamar yang diinginkan. Kami akan melakukan segala usaha untuk menyediakan tipekamar yang Anda inginkan, namun kami tidak dapat sepenuhnya memastikan tersedianya kamar tertentu pada hari kedatangan Anda. Pasien dengan jadwal/ rencana untuk operasi dianjurkan untuk dirawat sehari sebelumnya.
Anda dapat datang langsung ke Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang untuk proses pendaftaran rawat jalan.
Hal yang Perlu Disiapkan
Beberapa hal berikut ini perlu dipersiapkan saat konsultasi rawat jalan Anda:
- Foto copy hasil tes, X-ray, atau hasil tes sebelumnya terkait dengan permasalahan kesehatan Anda
- Daftar obat yang Anda konsumsi secara reguler, termasuk obat-obatan herbal yang dikonsumsi
- Review kembali petunjuk khusus dari dokter Anda mengenai diet atau larangan konsumsi obat-obatan tertentu sebelum konsultasi rawat jalan Anda
Waktu buka pendaftaran:
Senin – Jumat: 07.00 – 15.00 WIB
Sabtu : 07.00 – 12.30 WIB
IGD : 24 Jam
Terdapat di lantai 1, Lobby gedung utama RS Muhammadiyah Palembang dan di lantai 1, dan Lobby IGD RS Muhammadiyah Palembang
Setelah proses registrasi dan administrasi diselesaikan, petugas perawat kami akan mengantar pasien ke kamar perawatan atau khusus pasien di Unit Gawat Darurat, staf Admission akan mendatangi pasien/ keluarga pasien untuk melakukan proses registrasi tersebut.
Dokumen yang Perlu Disiapkan
Untuk proses registrasi, mohon untuk membawa dokumen-dokumen berikut ini:
- Kartu rumah sakit
- Kartu asuransi kesehatan
- Tanda pengenal (seperti SIM atau KTP)
- Rekam medik, X-ray, atau hasil tes sebelumnya (Apabila dokter Anda memintanya)
- Surat keterangan tertulis dari asuransi/ perusahaan Anda (Apabila Anda memiliki asuransi pekerja)
Barang-barang yang Perlu Dibawa saat Rawat Inap
Sebaiknya Anda hanya membawa barang-barang yang dibutuhkan, seperti baju tidur dan peralatan mandi.
Jangan membawa uang dalam jumlah besar, perhiasan, dan barang-barang berharga lainnya. Pihak rumah sakit tidak bertanggung jawab bila terjadi kehilangan atau kerusakan barang-barang yang berada dalam pengawasan pribadi Anda.
Beberapa tips untuk menjaga keamanan barang-barang pribadi Anda:
- Simpanlah kacamata, alat bantu pendengaran, atau barang-barang lainnya pada tempatnya, ketika tidak dikenakan. Barang-barang ini dapat diletakkan pada laci meja di samping tempat tidur Anda
- Simpanlah pakaian di lemari pakaian atau koper Anda.
Pasien akan mendapatkan makanan dan minuman sesuai kondisi pasien dan ketentuan rumah sakit. Pasien tidak diperkenankan membawa/ makan makanan yang dibawa dari luar rumah sakit kecuali seizin dokter atau ahli gizi.
Makanan akan disajikan pada:
Sarapan Pagi Pukul 06.00 – 08.00 WIB
Snack pagi Pukul 09.00 – 10.00 WIB
Makan siang Pukul 11.30 – 14.00 WIB
Snack sore Pukul 15.00 – 16.00 WIB
Makan malam Pukul 17.00 – 19.00 WIB
Layanan Telepon
RS Muhammadiyah Palembang
- Layanan telepon 24 jam
- Tersedia untuk setiap kamar perawatan
Anda akan diberikan gelang tanda pengenal dengan nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor rekam medik Anda. Mohon pastikan bahwa informasi yang tertera adalah benar. Dilarang melepaskan gelang tanda pengenal hingga waktu kepulangan Anda dari rumah sakit. Jika gelang tanda pengenal terlepas, segera hubungi perawat untuk medapatkan gelang baru.
Aktivitas Ruangan
Kegiatan ruangan termasuk aktivitas ward round oleh dokter dan perawat, sistem penugasan keperawatan dan pergantian shift, rencana perawatan, meals, waktu kunjung pasien, dsb. Aktifitas lain seperti tes laboratorium, x-ray, atau prosedur lainnya akan dilakukan bila dibutuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, janganlah ragu untuk menghubungi kepala perawat kami.
Prosedur Kegawatdaruratan
Kami memiliki prosedur penanganan kondisi gawat darurat dan semua petugas kami dilatih untuk mematuhi prosedur tersebut. Dalam keadaan darurat, staf akan mengambil tindakan apapun yang diperlukan, dan mengarahkan apa yang harus Anda lakukan saat itu
Tim Perawatan Kesehatan Anda
Selama masa perawatan Anda di RS Muhammadiyah Palembang Group, Anda akan memiliki tim kesehatan yang terlibat dalam perawatan Anda. Tim ini terdiri atas dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnnya yang diperlukan seperti ahli gizi, fisioterapis, ahli farmasi dsb.
Dokter
DPJP (Dokter Penanggung Jawab Pelayanan) mensupervisi perawatan dan pengobatan Anda serta menentukan kepulangan pasien. Tim dokter yang merawat Anda termasuk dokter spesialis dan anggota staf medis rumah sakit, seperti dokter jaga. Anda dapat bertanya kepada DPJP akan gambaran menyeluruh mengenai kondisi kesehatan Anda. Bila karena alasan kesehatan dan keterbatasan komunikasi, Anda dapat menunjuk seseorang sebagai wakil Anda untuk berkomunikasi dengan dokter dan staf rumah sakit.
Perawat
Perawat menjembatani Anda dan anggota tim perawatan kesehatan Anda. Mereka membantu mengkomunikasikan kebutuhan Anda ke anggota tim perawatan kesehatan Anda.Tim perawat akan memberikan asuhan keperawatan sesuai kondisi kesehatan Anda. Perawat melihat keadaan Anda, merencanakan, dan menilai perawatþn sehari-hari Anda, menyiapkan dan memberikan obat-obatan, cairan infus, dan melakukan perawatan sesuai kewenangannya. Mereka memberikan informasi dan edukasi sesuai kondisi kesehatan Anda dan bagaimana cara untuk melanjutkan pengobatan setelah pemulangan Anda dari rumah sakit. Mereka bertanggung jawab untuk melihat tanda vital Anda, merawat kebersihan pribadi Anda, dan membantu untuk memastikan bahwa Anda nyaman selama masa perawatan Anda.
Farmasis
Farmasis adalah propesi yang bekerjasama dengan dokter dan perawat untuk memastikan pasien menerima manfaat penuh dari obat-obatan yang ada. Di samping mempersiapkan obat-obatan menggunakan teknologi terkini, mereka juga memonitor pengobatan Anda untuk melihat efektifitasnya dan membantu menghindari efek samping, alergi, dan efek yang mungkin didapat dari makanan dan obat.
Ahli Gizi Klinis
Tim ahli gizi klinis rumah sakit bekerja sama dengan dokter, perawat, dan anggota lain tim perawatan kesehatan Anda untuk menyediakan informasi dan asuhan nutrisi. Melalui menu makanan yang variatif, mereka akan berkerja sama dengan Anda untuk mengakomodasi kebutuhan spesifik Anda.
Layanan Rohani
Layanan ibadah tersedia di rumah sakit pada waktu dan tempat tertentu, termasuk untuk layanan rohani bagi pemeluk agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha. Bila Anda memerlukan layanan rohani diluar dari yang disediakan rumah sakit, diperkenankan selama Anda terlebih dulu memberitahu pihak rumah sakit dan tidak mengganggu ketenangan dan kenyamanan pasien lainnya.
Penerjemah
Mohon hubungi kami apabila Anda memiliki kebutuhan khusus seputar bahasa, pendengaran atau penglihatan. Hubungi perawat untuk menyediakan penerjemah jika Anda menderita gangguan pendengaran/ tuna rungu, atau Bahasa Indonesia bukan merupakan bahasa Ibu Anda. RS Muhammadiyah Palembang Group berusaha membangun komunikasi yang bermakna dengan para pasien yang memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang terbatas, serta keluarga mereka mengenai kondisi medis dan pengobatan.
Dilarang Merokok
Sesuai ketentuan Pemerintah, rumah sakit adalah area bebas rokok. Untuk melindungi kesehatan pasien kami; pasien, pengunjung dan staf dilarang merokok di seluruh area rumah sakit
Deposit diperlukan untuk pasien yang melakukan pembayaran pribadi dan tidak memiliki jaminan asuransi/ perusahaan. Staff kami akan membantu Anda dengan informasi mengenai besarnya deposit yang perlu diselesaikan saat registrasi. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai.
Tambahan jumlah deposit diperlukan bila biaya pengobatan melebihi jumlah deposit yang telah dibayarkan sebelumnya. Informasi lebih lanjut terkait dengan teknis pembayaran dapat menghubungi Counter Kasir Ext. 020 dan Ext. 062 di Rumah Sakit.
Asuransi atau Garansi Perusahaan
Pembayaran oleh asuransi atau perusahaan diterima hanya untuk instansi yang bekerja sama dengan RS Muhammadiyah Palembang.
Sebaiknya Anda menghubungi asuransi atau perusahaan Anda untuk mengetahui prosedur dan manfaat yang Anda miliki. Bila nilai jaminan asuransi atau perusahaan hanya sebagian dari keseluruhan biaya perawatan maka selisih biaya tersebut dapat diselesaikan pada saat pasien pulang rawat.
Estimasi Biaya
Ketika Anda memiliki rencana operasi/ pembedahan/ menjalani prosedur medis tertentu, Anda dapat menanyakan estimasi biaya tersebut. Estimasi biaya mungkin dapat tidak sesuai dengan biaya sebenarnya, tergantung pada kesulitan, komplikasi, atau kondisi tidak terduga, yang terjadi selama operasi/ pembedahan/ prosedur medis tersebut.
Pastikan Anda mempunyai informasi yang jelas mengenai:
- Instruksi mengenai perawatan lanjutan
- Kunjungan lanjutan yang mungkin diperlukan
- Petunjuk mengenai obat-obatan yang perlu dilanjutkan dan yang perlu dihentikan penggunaannya
- Nomor telepon rumah sakit untuk dihubungi apabila Anda memiliki pertanyaan
Regulasi Kepulangan Pasien (Discharge Procedure)
- Anda akan mendapatkan Discharge Processing Letter (DPL) dari petugas di ruang jaga perawat.
- Pada RS Muhammadiyah Palembang, seluruh administrasi biaya rawat inap diselesaikan di Kasir Rawat Inap yang berada di counter Lantai 1, dengan membawa DPL dari petugas atau bisa ke kasir IGD.